Senin, 19 Maret 2018

Pengertian Tentang Obesitas

Obesitas - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter, Pengertian Obesitas Dan Penyebab Obesitas ( Kegemukan ), Pengertian Obesitas dan Penyebabnya : Ruang Hati Berbagi

Penjelasan Tentang Obesitas - Obesitas adalah penumpukan lemak didalam tubuh yang sangat tinggi, sehingga bisa membuat berat badan seseorang berada di luar batas ideal. Sejumlah komplikasi bisa timbul akibat obesitas, dan bahkan beberapa diantaranya bisa membahayakan nyawa seseorang. Beberapa contoh komplikasi yang cukup serius diantaranya jantung koroner, stroke, diabetes tipe 2, kanker payudara dan kanker usus.

Selain mengarah pada sejumlah masalah kesehatan fisik, obesitas ini juga bisa menyebabkan masalah psikologis, misalnya seperti depresi dan stres. Masalah psikologis timbul karena biasanya berawal dari rasa ketidak percayaan diri si penderita obesitas yang mengalami masalah perubahan pada bentuk tubuhnya.

Untuk mengetahui apakah berat tubuh anda termasuk berat tubuh yang sehat bisa dilakukan dengan melalui metode penghitungan IMT atau indeks massa tubuh). Rumus yang digunakan dalam penghitungan IMT yaitu berat tubuh dalam kilogram dibagi dengan tinggi tubuh dalam satuan meter kuadrat (m²). Sebagai contohnya jika berat badan seseorang mencapai 66 kg dan tinggi badan 165 meter, maka penghitungannya yaitu 66/(165 x 165) = 24,2. Hasil tersebut termasuk kedalam kategori berat badan yang sehat atau normal, karena masih kisaran diantara 18,5 hingga 24,9.

Jika hasil akhir dari penghitungan IMT anda kurang dari 18,5, maka anda telah dianggap kekurangan berat badan. Sebaliknya juga, jika hasil penghitungannya lebih dari 24,9, maka anda telah dianggap kelebihan berat badan. Seseorang dinyatakan mengalami masalah obesitas jika mereka mempunyai hasil penghitungan IMT di antara 30-39,9. Selanjutnya seseorang dianggap mengalami masalah obesitas ekstrem jika hasil akhir penghitungan BMI mereka di atas 40.

Penyebab Obesitas
Obesitas bisa terjadi saat kita sering mengkonsumsi makanan yang berkalori tinggi. Sebenarnya mengkonsumsi makanan yang berkalori tinggi itu tidak selalu menjadi masalah, asalkan saja sesuai dengan aktivitas yang dilakukan setiap harinya. Tetapi, jika kita lebih banyak menghabiskan waktu hanya duduk santai dan tidak diimbangi dengan aktivitas olahraga, maka sisa energi dari hasil pembakaran kalori tersebut pun akan disimpan ditubuh dalam bentuk lemak. Akhirnya, lambat laun penumpukan lemak pun akan bertambah banyak dan membuat tubuh terlihat membesar (gemuk).

Selain akibat makanan yang tinggi kalori dan kurangnya melakukan aktivitas olahraga, obesitas ini juga bisa terjadi karena:

  • Faktor keturunan (genetik)
  • Efek samping dari obat-obatan seperti antidepresan, antiepilepsi, kortikosteroid, diabetes
  • Komplikasi penyakit tertentu (sindrom Cushing & Hipotiroidisme)


Obesitas di Indonesia
Berdasarkan data-data yang dihimpun oleh WHO (World Health Organization) pada tahun 2008 lalu, sekitar 4,8% dari total penduduk Indonesia mengalami obesitas. Diperkirakan kondisi tersebut dialami oleh 6,9% pria dan 2,6% wanita dari seluruh jumlah penduduk Indonesia.

Pengobatan Obesitas
Obesitas bisa ditangani sendiri dengan cara disiplin menerapkan pola makan sehat, misalnya seperti mengkonsumsi makanan yang rendah lemak dan gula, serta olahraga secara teratur. Olahraga yang dimaksudkan tidak perlu berat-berat cukup dengan aktivitas berjalan pagi, bersepeda, berenang, bermain bulu tangkis itu sudah lebih dari cukup, asalkan aktivitas tersebut dilakukan dengan secara rutin. Dianjurkan untuk melakukan aktiitas olahraga 2,5-5 jam setiap minggu.

Penanganan dari dokyer bisa diberikan jika masalah obesitas tersebut tidak berhasil diatasi, meski anda sudah disiplin dalam berolahraga serta menerapkan pola makan sehat secara teratur. Contoh penanganan dari dokter yaitu pemberian obat herbal yang bisa menurunkan penyerapan lemak didalam saluran sistem pencernaan.

Pada beberapa kasus, masalah obesitas ini akan ditangani dengan proses operasi. Operasi tersebut biasanya hanya dilakukan apabila tingkatan obesitas tersebut dinilai sangat parah, sehingga dikhawatirkan bisa mengancam nyawa si penderitanya. Tindakan operasi ini juga dipertimbangkan jika usaha-usaha menurunkan berat badan yang telah dilakukan selama beberapa waktu tetap saja tidak membuahkan hasil.

Perlu diingat untuk semua wanita, bahwa penurunan berat badan yang dilakukan dengan usaha sendiri akan membutuhkan waktu yang cukup panjang. Karena itulah dibutuhkan kesabaran demi mencapai hasil yang diinginkan serta komitmen untuk mempertahankannya dalam jangka yang sangat panjang.

Nah, demikianlah info dari pembahasan Penjelasan Tentang Obesitas tersebut. Silahkan simak artikel terkait lainnya agar anda bisa lebih memahami tentang pentingnya hidup sehat. Terima kasih banyak...

Sumber : www.obatherballadyfem.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar