Sabtu, 07 April 2018

11 Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Secara Tradisional

11 Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Secara Tradisional, Pengobatan Alami Infeksi Saluran Kemih Secara Tradisional, 8 Cara Alami Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Secara Tradisional - Penyakit infeksi saluran kemih (ISK) pada umumnya dialami oleh kaum wanita. Alasannya ialah letak uretra dan anus kaum wanita yang sangat dekat. Saluran kemih sendiri terdiri dari ureter, ginjal, kandung kemih dan juga uretra. Infeksi saluran kemih sendiri artinya ada jamur, bakteri dan juga virus yang menyerang saluran ini. Sedangkan imunitas tubuh tidak mampu lagi untuk melawan kuman-kuman dalam tubuh. Penyakit yang satu ini harus segera diobati dengan tepat dan cepat untuk mencegah masalah kesehatan yang jauh lebih serius lagi.

Ginjal adalah organ penting dalam tubuh yang bertugas mengeluarkan toksin serta zat-zat yang berbahaya dari darah lewat urin. Jika infeksi saluran kemih tersebut tidak segera diobati dengan tepat dan cepat, maka beresiko terkena penyakit infeksi ginjal.

Bahkan, pada sebagian kasus bisa menyebabkan gagal ginjal. Nah, sangat mengerikan sekali bukan? Jadi, gangguan seperti ini harus segera ditangani dengan baik dan benar, dan dengan pengobatan medis maupun tradisional.

Penyebab infeksi saluran kemih:

  • Staphylococcus saprophyticus.
  • Bakteri E. coli.
  • Penyakit kencing manis (diabetes melitus)
  • Proteus mirabilis.
  • Jamur candida albicans.
  • Bakteri yang biasanya menyerang saluran pencernaan.
  • Imunitas tubuh yang terlalu rendah.
  • Pemakaian obat antibiotik secara terus-menerus.


Gejala infeksi saluran kemih
Penyakit yang satu ini sering ditandai dengan adanya beberapa gejala seperti sakit pinggang, sakit punggung, mual, diare, rasa terbakar saat buang air kecil, demam tinggi, kelelahan, kencing terlalu sering, bengkak dibagian tubuh dan lain sebagainya.

11 Cara Efektif Mengobati Infeksi Saluran Kemih Secara Tradisional

Ada beberapa bahan-bahan alami yang diyakini bisa mampu mengatasi penyakit infeksi saluran kemih. Berikut di bawah ini kesebelas cara mengobati penyakit infeksi saluran kemih:

1. Bawang putih
Bawang putih mengandung zat senyawa allicin yang bersifat antibakteri, antijamur dan juga antiradang. Selain itu, bawang putih ini juga kaya akan zat antioksidan yang mampu menangkal berbagai macam jenis penyakit. Untuk mengobati infeksi ginjal, makan sebanyak 3 siung bawang putih saja, tapi yang masih mentah secara rutin setiap hari.

2. Teh jahe
Jahe sendiri mengandung gingerol yang sifatnya antibakteri yang cukup kuat, sehingga akan mampu melawan aktivitas bakteri didalam ginjal. Wedang jahe juga sangat membantu untuk mengobati penyakit infeksi saluran kemih. Cukup minum wedang jahe hangat dengan secara rutin, di pagi dan juga malam hari.

3. Kunyit
Infeksi saluran kemih bisa diobati secara alamiah dengan cara menggunakan kunyit. Rempah yang satu ini mengandung kurkumin yang bersifat anti-jamur, anti-bakterial dan anti-inflamasi. Ketiga sifat zat tersebut berperan penting untuk menghambat perkembangan seluruh jenis mikroba, sehingga kunyit sangat efektif dalam mengobati infeksi saluran kemih. Caranya ialah minum susu dan dicampur dengan bubuk kunyit.

4. Daun kumis kucing
Daun kumis kucing juga bisa mengobati infeksi saluran kemih secara tradisional. Caranya ialah rebus 10 lembar daun kumis kucing bersama air secukupnya saja. Kemudian biarkan air mendidih selama beberapa menit, lalu angkat. Minum airnya saja selagi masih hangat, dua kali dalam sehari masing-masing ½ gelas saja.

5. Jenis minum yang mengandung probiotik
Minuman probiotik kaya akan bakteri ramah yang sangat baik  untuk menjaga kesehatan usus, dan mencegah pembentukan batu ginjal.

6. Jus Peterseli
Peterseli adalah jenis sayuran yang kaya akan sodium, riboflavin, pottasium, tiamin, zat tembaga, vitamin A/B dan vitamin C. Jus peterseli merupakan solusi yang terbaik untuk membersihkan racun-racun didalam ginjal. Caranya, rebus 10 lembar daun peterseli dan dengan air secukupnya sampai mendidih selama beberapa saat saja. Kemudian, saring dan minum airnya setelah dingin. Jus peterseli ini bisa menjadi obat rumahan yang cukup efektif untuk mengatasi infeksi urin khususnya pada ginjal.

7. Gel lidah buaya
Cuci bersih gel lidah buaya dengan air yang mengalir, kemudian haluskan bersama dengan madu kedalam blender yang berisi air matang. Lidah buaya ini mampu mengeluarkan racun-racun didalam tubuh. Caranya, minum jus lidah buaya ini pada pagi dan malam hari, untuk mengobati penyakit infeksi saluran kencing.

8. Buah jeruk
Vitamin C didalam buah jeruk itu sangat berlimpah, dan bermanfaat untuk meningkatkan tingkat asam di ginjal. Hal ini sangat penting untuk mengobati infeksi saluran kemih, sebab bakteri akan sulit untuk tumbuh dan berkembangbiak. Perbanyaklah mengkonsumsi buah jeruk setiap hari, terutama setelah anda sarapan di pagi hari.

9. Cuka apel dan madu
Kedua bahan-bahan alami ini sangat efektif untuk mengatasi infeksi saluran kemih. Cukup dengan mencampur sesendok makan duka dan dua sendok makan madu murni. Minumlah ramuan ini untuk mengatasi infeksi saluran kencing, khususnya ginjal.

10. Teh chamomile
Anda bisa membuat minuman teh herbal seperti chamomile, marshmallow atau juga golden rod yang bisa membantu dalam mengobati infeksi ginjal. Minum salah satu teh herbal yang disebutkan ini pada pagi dan sore hari.

11. Buah cranberry
Cranberry adalah jenis buah-buahan yang mampu menaikkan keasaman tubuh, sehingga bermanfaat untuk menumpas pembiakan bakteri dalam tubuh. Bagi penderita ISK, jus cranberry ini sangat membantu untuk mempercepat penyembuhan.

Itulah info tentang Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Secara Tradisional ini. Untuk mencegah penyakit yang satu ini, anda harus mengkonsumsi banyak air putih. Selain itu juga, jagalah kebersihan organ tubuh yang terutama setelah buang air kecil. Terima kasih banyak kunjungannya...

Sumber : www.obatherballadyfem.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar