Sabtu, 07 April 2018

4 Penyebab Infeksi Saluran Kencing pada Wanita

4 Penyebab Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita, Infeksi saluran kemih - Gejala, penyebab dan mengobati, Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita

Penyebab Infeksi Saluran Kencing pada Wanita - Infeksi saluran kencing (kemih) atau disebut juga ISK adalah salah satu jenis penyakit infeksi yang menyerang daerah saluran kemih pada tubuh seseorang. Infeksi saluran kencing ini terjadi karena kuman atau bakteri yang masuk kedalam saluran kemih dan bergerak menuju ke uretra. Hal ini akan berlanjut menjadi infeksi bakteri yang bisa meluas pada kandung kemih, ginjal, saluran kencing dan juga uretra.

Gejala infeksi saluran kencing

Siapa tahu anyang-anyangan?? Apakah anda pernah merasakan sakit yang tidak nyaman ketika buang air kecil? Anyang-anyangan ini merupakan salah satu gejala terjadinya penyakit infeksi saluran kencing. Dan berikut di bawah ini beberapa gejala-gejala infeksi saluran kencing:

  • Air seni keluar seperti darah atau juga air seni berwarna keruh.
  • Anda sering merasa ingin buang air kecil.
  • Jika sudah kencing, air seni yang dikeluarkan tidak keluar banyak, dan malah disertai dengan rasa sakit.
  • Air seni akan berbau tak sedap.
  • Perut bawah disekitar kemaluan akan terasa kram dan juga tidak nyaman.
  • Suhu tubuh akan naik, sehingga terkadang terjadi demam.


Penyebab infeksi saluran kencing

1. Bakteri escherichia coli (E. Coli)
Yang paling sering sekali menjadi faktor penyebab infeksi saluran kencing yaitu bakteri yang bernama Escherichia Coli. Langkah pencegahan ISK yang bisa dilakukan ialah salah satunya dengan menjaga kebersihan di daerah kewanitaan dan juga mengurangi pemakaian atau penggunaan panty liner. Wanita juga seharusnya melakukan cebok itu dari arah depan ke belakang (dari vagina ke anis), bukannya sebaliknya. Cebok dengan arah dari depan ke belakang akan membuat anda beresiko membawa bakteri E. coli dari anus menuju ke vagina, sehingga menyebabkan infeksi saluran kencing.

2. Tidak membersihkan kelamin dengan baik dan benar
Bakteri-bakteri yang masuk melalui saluran uretra bisa menyebarkan infeksi pada kandung kemih. Biasanya akan terjadi penyebaran bakteri pada saat seseorang (anda) membersihkan alat kelamin atau sesudah buang air. Terkadang bakteri masih menempel dan bahkan berkembangbiak dengan begitu cepat, sehingga akan mengakibatkan infeksi kandung kemih.

3. Tidak buang aiir kecil setelah berhubungan intim (seksual)
Seks bisa menjadi salah satu faktor penyebabnya. Biasanya bakteri-bakteri ini disebarkan melalui aktivitas seksual antara pria dan wanita. Bakteri-bakteri yang ditransfer dari usus akan melewati uretra, dan hal ini akan menyebabkan munculnya infeksi. Mengapa seringkali terjadi pada kaum wanita? Umumnya saluran uretra kaum wanita lebih pendek daripada uretra laki-laki. Maka sangat dianjurkan sekali bagi kaum wanita untuk buang air kecil sesudah mereka melakukan hubungan intim (seksual).

4. Kurang minum air
Ketika tubuh kekurangan minum, maka ginjal akan kehilangan cairan. Padahal, ginjal ini membutuhkan cairan supaya bisa berfungsi lebih baik. Ini akan membuat anda menjadi jarang untuk buang air kecil, sehingga urin pun menjadi lebih pekat. Kekurangan cairan pada ginjal akan memancing bakteri-bakteri berbahaya untuk menyerang, sehingga terjadilah infeksi saluran kencing. Maka tubuh sangat membutuhkan cukup banyak air untuk mencegah terjadinya infeksi pada organ tubuh lainnya.

Bagaimana cara mencegah infeksi saluran kencing?

  • Bersihkan alat kelamin dengan air yang bersih.
  • Jika membasuh vagina (khusus wanita), lakukan dengan cara membersihkan dari arah depan menuju ke belakang. Hal inii dilakukan supaya bakteri dari anus tidak menyebar luas ke organ intim.
  • Selalu mengganti pakaian dalam setiap hari atau dua kali sehari, jika anda merasa sudah tidak nyaman lagi.
  • Jangan biasakan untuk menahan kencing.
  • Minum air mineral yang cukup, minimal 8 gelas perhari.
  • Biasakan buang air kecil sebelum dan sesudah melakukan hubungan intim.


Nah, itu saja informasi pembahasan kali ini tentang Penyebab Infeksi Saluran Kencing pada Wanita tersebut. Jika anda merasakan gejala-gejala aneh seperti yang disebutkan di atas satu-persatu, sebaiknya segeralah anda periksakan dan konsultasikan ke dokter terdekat anda. Terima kasih banyak kunjungannya...

Sumber : www.obatherballadyfem.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar