Senin, 16 April 2018

Rajin Mencuci Tangan bisa Cegah Kanker Serviks

Rajin Cuci Tangan Bisa Cegah Kanker Serviks, Rajin Cuci Tangan Cegah Kanker Serviks, Rajin Cuci Tangan Bisa Mencegah Kanker Serviks Lho!

Mencuci Tangan Cegah Kanker Serviks - Rajin mencuci tangan bisa mencegah penyakit kanker serviks dikarenakan human papillomavirus (HPV merupakan faktor penyebab kanker itu bisa berpindah melalui sentuhan, ucap Kepala Bidang Pelayanan Sosial Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta Venita.

"Perlu mewaspadai toilet umum. Kita sebaiknya harus lebih waspada menjaga kebersihannya itu, kemudian rajin mencuci tangan. Langkah-langkah kebersihan umum sebelum makan, sebelum dan sesudah buang air kecil juga", katanya Kepala Bidang YKI.

Berdasarkan penelitian, menurut Kepala Bidang YKI, penyebaran virus kanker serviks ini melalui kontak sentuhan kurang dari 10%. Namun, memperhatikan kebersihan merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk pencegahan kanker serviks.

Selain rajin cuci tangan, pencegahan kanker serviks yang bisa dilakukan ialah vaksinasi dan deteksi dini kanker serviks setidaknya 3 tahun sekali.

"Minimal setidaknya 3 tahun sekali, jika bisa lebih sering, ya, tidak apa-apa kok. Kelamaan dikhawatirkan lupa, namun 3 tahun sekali minimal. Papsmear gratis BPJS jadi tidak ada alasan wanita untuk tidak periksa", ucap Venita.

Ia juga menyarankan untuk diet seimbang, banyak mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat antioksidan, dan rutin berolahraga untuk mencegah terjangkit kanker serviks.

Kanker serviks sendiri merupakan satu-satunya penyakit kanker yang bisa dicegah melalui vaksinasi HPV sebagai pencegahan primer dan skrining sejak dini sebagai pencegahan sekunder.

Tetapi, menurut data-data yang dihimpun dari RS Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta, telah ditemukan 70% penderita kanker serviks datang dengan stadium lanjutan (stadium >3b), dan dengan kelompok usia paling banyak didapatkan rentang usia 35 - 55 tahun, sehingga mempengaruhi angka harapan hidup bagi si pasien tersebut.

Data penderita kanker serviks di RS Dr. Cipto Mangunkusumo pada tahun 2010 sampai dengan 2014 dari 105 pasien, hanya 14% pasien yang mampu bertahan hidup sampai 1 tahun. Dan bahkan dalam 5 tahun, angka harapan hidup adalah 0%.

Gimana setelah menyimak artikel Mencuci Tangan Cegah Kanker Serviks ini? Apakah kalian ingin hidup lebih lama atau sebaliknya? Jika anda tidak mau seperti itu, maka rajin-rajinlah mencuci tangan supaya kanker serviks tidak muncul dan mennyerang kesehatan anda. Terima kasih banyak kunjungannya...

Sumber : www.obatherballadyfem.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar