Rabu, 04 April 2018

Cara sederhana Mengobati Infeksi Saluran Kemih di Rumah Tanpa Obat

Infeksi saluran kemih - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter, Cara Efektif Mengobati Infeksi Saluran Kemih Cara Mengobati Infeksi, 8 Cara Alami Mengobati Infeksi Saluran Kemih, Obat Yang Tepat Untuk Isk (Infeksi Saluran Kemih) - Tanya Alodokter

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih di Rumah Tanpa Obat - Mengobati penyakit infeksi saluran kemih itu biasanya dilakukan dengan cara pemberian antibiotik, akan tetapi tahukah anda bahwa kini ada beberapa cara pengobatan sederhana yang bisa anda lakukan dirumah. Tapi, sebelum kita lebih lanjut lagi membahas tentang cara mengobati infeksi saluran kencing, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan ISK atau infeksi saluran kemih tersebut.

Apa itu infeksi saluran kemih?
Infeksi saluran kemih atau ISK adalah sebuah infeksi yang mempengaruhi seluruh bagian dalam saluran kemih, termasuk juga ginjal, ureter dan bahkan kantung kemih (uretra). Infeksi itu biasanya disebabkan oleh adanya bakteri-bakteri dari usus, yakni bakteri jenis Escherichia coli dan Staphylococcus saprophyticus. Tapi, beberapa kasus infeksi tersebut disebabkan oleh adanya virus dan juga jamur.

Gejala umum infeksi saluran kemih, yang meliputi:

  • Nyeri saat buang air kecil.
  • Urin berwarna keruh atau juga gelap.
  • Sering buang air kecil.
  • Urine berbau sangat menyengat.
  • Nyeri panggul.
  • Rasa tidak nyaman pada kandung kemih.


Infeksi saluran kemih atau ISK bisa mempengaruhi semua orang dari segala usia, tetapi wanita jauh lebih rentan terinfeksi. Hal tersebut ini dikarenakan uretra pada kaum wanita lebih pendek ketimbang uretra kaum pria, sehingga akan memudahkan bakteri-bakteri bahaya masuk dan menginfeksi kandung kemih.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), ISK atau infeksi saluran kemih ini menempati peringkat kedua sebagai jenis infeksi yang paling seringkali dialami oleh tubuh, setelah infeksi saluran pernapasan. Di negara Indonesia sendiri sebanyak 222 juta jiwa menderita infeksi saluran kemih.

Seperti sudah disinggung sebelumnya, bahwa antibiotik digunakan untuk mengobati masalah infeksi tersebut, tetapi ada juga beberapa cara sederhana untuk membantu mencegah serta mengobati infeksi saluran kemih dirumah. Yuk! kita lanjut baca artikel ini sampai selesai.

Bagaimana cara mengobati infeksi saluran kemih dirumah?
Untuk mengobati infeksi saluran kencing, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan dirumah. Perhatikan cara-caranya dibawah ini!

1. Minum air putih
Kecukupan cairan didalam tubuh bisa membantu mengobati infeksi saluran kemih. Tubuh yang memiliki banyak cairan akan menyebabkan buang air kecil secara teratur. Dengan demikian, bakteri didalam saluran kemih akan ikut terbuang bersamaan dengan prosesnya ekskresi tersebut.

Sebuah penelitian pada tahun 2003, meneliti sebanyak 141 anak perempuan yang mempunyai sedikit asupan cairan dalam tubuhnya dan jarang buang air kecil menyebabkan mereka menderita masalah infeksi saluran kemih dan berulang.

Supaya kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi, maka sebaiknya perbanyaklah minum air putih setiap hari. Minumlah sebanyak 8 gelas atau sebanyak 2 liter sehari.

2. Perbanyak asupan vitamin C
Banyak mengkonsumsi vitamin C juga bisa mengobati masalah infeksi saluran kencing. Hal ini dikarenakan vitamin C bisa mampu meningkatkan keasaman urin, sehingga bisa membunuh bakteri penyebab infeksi.

Berdasarkan penelitian pada tahun 2007, menunjukkan bahwa mengkonsumsi 100 mg vitamin C tiap hari bisa mampu mengurangi resiko infeksi saluran kemih. Untuk meningkatkan asupan vitamin C didalam tubuh, anda bisa mengkonsumsi buah dan juga sayuran yang kaya akan vitamin C seperti lemon, jeruk, pepaya, kiwi dan lain sebagainya.

Minum jus cranberry
Minum jus cranberry tanpa pemanis merupakan salah satu cara alami untuk mengobati infeksi saluran kemih. Hal ini disebabkan kandungan nutrisi di dalam cranberry mampu mencegah bakteri yang menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah terjadinya infeksi.

Dalam sebuah penelitian, seorang wanita dengan riwayat infeksi saluran kemih diminta untuk meminum jus cranberry sebanyak 8 ons (240 ml) setiap harinya selama 24 minggu. Hasilnya, si penderita infeksi saluran kemih yang meminum jus cranberry tersebut lebih cepat sembuh daripada yang tidak meminum jus tersebut. Penelitian lain pun juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi cranberry bisa mengurangi infeksi saluran kemih dalam setahun, terutama bagi kaum wanita yang sering mengalami infeksi berulang.

Penelitian pada tahun 2015 telah menunjukkan bahwa kapsul cranberry setara dengan dua gelas jus cranberry ( 480 ml) yang bisa membantu mengurangi resiko infeksi saluran kemih.

Ada banyak sekali jus cranberry kemasan yang terdapat di supermarket. Tapi, Anda harus ingat bahwa manfaat ini hanya berlaku untuk jus cranberry tanpa pemanis saja, bukan jus cranberry kemasan dengan pemanis buatan.

4. Konsumsi makanan mengandung probiotik
Probiotik adalah mikroorganisme menguntungkan yang dikonsumsi melalui makanan ataupun suplemen. Probiotik bisa meningkatkan keseimbangan bakteri didalam usus. Probiotik kini terdapat dalam bentuk suplemen maupun makanan fermentasi, seperti susu fermentasi dan yoghurt.

Probiotik bisa mengatasi semua masalah pada saluran pencernaan, dimulai dari perbaikan sampai peningkatan fungsi kekebalan tubuh. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa jenis probiotik yang tertentu bisa menurunkan resiko infeksi saluran kemih. Penelitian lain pun juga menemukan bahwa Lactobacillus (jenis probiotik) bisa membantu mencegah infeksi tersebut pada kaum wanita dewasa.

Mengkonsumsi probiotik dan juga antibiotik lebih efektif untuk mencegah infeksi saluran kemih ketimbang menggunakan antibiotik saja. Probiotik bisa memulihkan serta meningkatkan kadar bakteri baik pada usus dan juga mengurangi efek samping dari penggunaan antibiotik.

5. Menjaga kebersihan dan hindari kebiasaan buruk
Mencegah infeksi saluran kemih bisa dimulai dengan cara menjaga kebersihan dan menghindari kebiasaan buruk, contohnya seperti berikut ini:

  • Tidak menahan buang air kecil. Penting bagi anda untuk tidak menahan air kencing terlalu lama. Hal ini bisa menyebabkan penumpukan bakteri, sehingga terjadi infeksi pada saluran kemih / kencing.
  • Buang air kecil setelah berhubungan intim. Membuang air kecil setelah melakukan hubungan intim juga bisa mengurangi resiko infeksi saluran kemih. Hal ini dikarenakan kebiasaan tersebut mampu mencegah penyebaran bakteri.
  • Hindari pemakaian spermisida. Spermisida adalah sebuah gel atau krim yang berbahan kimia yang bisa mencegah kehamilan. Pemakaian spermisida bisa meningkatkan resiko infeksi saluran kencing.
  • Membersihkan dengan benar saat buang air. Ketika buang air kecil, pastikanlah anda untuk membersihkan atau menyeka organ anda dari depan sampai kebelakang. Menyeka dari belakang ke depan bisa menyebabkan bakteri menyebar ke saluran kemih serta bisa meningkatkan resiko infeksi saluran kemih.


6. Cobalah suplemen alami
Beberapa jeni suplemen alami bisa membantu mengobati infeksi saluran kemih, diantaranya ialah:

  • D-Mannose. Adalah kandungan gula yang terdapat didalam buah cranberry dan bahkan sudah terbukti efektif dalam mengobati infeksi saluran kemih serta mencegahnya datang kembali.
  • Ekstrak cranberry. Seperti halnya jus cranberry, ekstrak cranberry juga bisa mampu mencegah bakteri yang menempel pada saluran kemih.
  • Ekstrak bawang putih. Bawang putih sudah terbukti memiliki sifat antimikroba dan bisa menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga mampu mencegah serta mengobati infeksi saluran kencing.


So, jika anda terkena infeksi saluran kemih, maka jangan terburu-buru untuk menggunakan antibiotik. Lakukanlah cara-cara alami terlebih dulu supaya anda terhindar dari efek samping yang disebabkan oleh obat ISK yang bersifat kimiawi.

Nah, itulah ulasan singkat dari Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih di Rumah Tanpa Obat tersebut. Mudah-mudahan anda bisa memahami topik pembahasan yang ada pada artikel di atas ini. Terima kasih banyak kunjungannya...

Sumber : www.obatherballadyfem.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar