Selasa, 10 April 2018

Jangan Cemas, Begini Cara Mengatasi Keputihan Wanita

Jangan Cemas, Begini Cara Mengatasi Keputihan, Jangan Cemas, Begini Cara Mengatasi Keputihan, Jangan Cemas, Begini Cara Mengatasi Keputihan

Cara Mengatasi Keputihan - Meski sebenarnya sebagian besar keputihan itu adalah hal yang normal, tetapi kondisi seperti ini seringkali membuat tidak nyaman dan resah. Bagaimana cara mengatasinya?

Keputihan sebenarnya adalah suatu hal yang normal dan sehat karena pada dinding miss V (vagina) dan leher rahim terdapat kelenjar yang memproduksi sebuah cairan untuk menjaga kesehatan organ intim wanita. Keputihan yang normal pada umumnya berwarna putih susu atau atau juga jernih dan bahkan tidak berbau. Kadar cairan akan meningkat pada masa-masa tertentu seperti saat menyusui, saat melakukan hubungan intim (seksual), dan saat atau sekitar masa menstruasi.

Menangani Keputihan Tidak Normal

Keputihan yang normal itu sebenarnya tidak membutuhkan penanganan khusus. Yang harus dijaga ialah supaya keputihan tidak berubah menjadi tidak normal. Perubahan ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi vaginosis bakterial, pemakaian antibiotik, infeksi penyakit menular seksual misalnya seperti klamidia, kanker serviks, pemakaian pil kontrasepsi, infeksi parasit trikomoniasis atau infeksi jamur. Tanda-tanda dari keputihan yang tidak normal yaitu perubahan warna dan juga konsistensi, adanya bau serta adanya rasa gatal atau rasa nyeri.

Ada beberapa penanganan yang bisa dilakukan secara mandiri seperti:

  • Kompres dingin untuk meredakan rasa gatal dan pembengkakan.
  • Mengkonsumsi yoghurt jika anda sedang dalam pengobatan antibiotik supaya menurunkan resiko terkena infeksi jamur.
  • Menggunakan krim (cream) atau gel antijamur (Ladyfem) jika memang keputihan itu disebabkan oleh infeksi jamur.
  • Menggunakan kondom atau tunda hubungan intim (seksual) sampai satu minggu setelah pengobatan.
  • Jika keputihan yang tidak normal itu berlangsung lebih dari satu minggu setelah pengobatan mandiri, maka periksakan diri anda ke dokter.


Jika ada tanda-tanda yang berbahaya, segera juga periksakan diri ke dokter. Dokter akan memberikan sebuah penanganan yang berdasarkan penyebab keputihan anda. Tanda-tanda keputihan yang sangat berbahaya antara lain ialah timbul bau yang sangat menyengat, gatak-gatal dan kemerahan pada organ vital (vagina) dan area sekitarnya, pendarahan atau bercak darah diluar masa siklus menstruasi, keputihan berubah warna jadi hijau ataupun kuning, keputihan menjadi tebal atau lengket.

Mencegah Keputihan Tidak Normal

Untuk menghindari terjadinya masalah keputihan yang tidak normal, berikut dibawah ini beberapa langkah-langkah pencegahan yang bisa anda lakukan:

1. Jaga supaya vagina tetap kering dan tidak lembap dengan cara selalu mengeringkannya setelah membuang air kecil. Menjaga supaya vagina tetap kering bisa juga dilakukan dengan:

  • Menggunakan celana yang tidak terlalu ketat.
  • Jangan sering menggunakan stoking.
  • Menggunakan celana dalam yang berbahan katun, bukan sintetis. Celana dalam katun memungkinkan lebih banyak udara ke vagina dan mencegah lembap.
  • Tidak mengenakan celana dalam ketika tidur di malam hari.
  • Basuh kemaluan dari arah depan ke belakang setelah membuang air kecil, bukan sebaliknya.


2. Vagina sendiri sebenarnya adalah organ yang bisa membersihkan diri sendiri. Menggunakan cairan pembersih vagina justru sangat beresiko merusak keseimbangan alami bakteri dan juga jamur didalamnya. Ketidakseimbangan ini akan sangat memicu vaginosis bakterial. Untuk membersihkan vagina, gunakanlah air hangat dan sabun yang tidak beraroma. Tapi sebisa mungkin hanya menggunakan air saja.

3. Hindari pemakaian parfum, bedak pada miss V (vagina). Pemakaian parfum dan sabun bisa menyebabkan rasa nyeri pada vagina dan keluarnya cairan vagina yang tidak normal.

4. Selain itu, hindarilah pemakaian bahan-bahan berikut yang bisa membuat iritasi dan menyebabkan keluarnya cairan yang tidak normal dari miss V (vagina):

  • Pemakaian pelembut atau detergen yang beraroma kuat ketika mencuci celana dalam.
  • Pembalut beraroma atau berparfum.
  • Tisu toilet beraroma.
  • Mengkonsumsi makanan yang sehat dengan nutrisi yang seimbang.
  • Mengkonsumsi yoghurt atau suplemen yang mengandung laktobasilus.
  • Hindari terlalu sering berendam didalam air panas.
  • Cuci pakaian dalam menggunakan air hangat.
  • Ganti pembalut secara teratur ketika datang bulan.


Mencegah lebih baik daripada mengobati. Dan jagalah kebersihan area intim anda supaya terhindar dari infeksi yang bisa menyebabkan keputihan tidak normal. Terima kasih sudah menyimak informasi tentang Cara Mengatasi Keputihan tersebut. Dan semoga bermanfaat bagi pengunjung...

Sumber : www.obatherballadyfem.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar