Senin, 02 April 2018

Cara Efektif Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Cara Efektif Mengobati Infeksi Saluran Kemih - Mediskus, 6 Cara alami mengobati infeksi saluran kemih | merdeka.com, 8 Cara Alami Mengobati Infeksi Saluran Kencing • Hello Sehat, Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih - Sekilas tentang infeksi saluran kemih itu memang termasuk jenis penyakit yang ringan, tapi jangan sekali-kali anda menyepelekannya, karena jika ISK dibiarkan begitu saja infeksi bisa menyebar luas sampai ke ginjal, sehingga akan sangat membayakan sekali. Untuk itu berikut dibawah ini kami susun cara ampuh mengobati infeksi saluran kemih yang mudah diterapkan dirumah.

Infeksi saluran kemih atau ISK adalah jenis infeksi yang cukup umum terjadi. Laki-laki ataupun juga perempuan bisa terkena ISK dan bahkan ISK tidak memandang usia. Pada ISK sendiri terjadi peradangan di salah satu dibagian atau juga semua saluran kemih yang terdiri dari kandung kemih, uretra dan ureter akibat terinfeksi oleh bakteri.

Meskipun siapa saja bisa terserang penyakit ISK, tetapi hal ini lebih sering terjadi kepada kaum wanita, terlebih lagi ketika wanita tersebut memasuki massa menopause, kehamilan, pengantin baru (aktif secara seksual) atau juga orang-orang dengan masalah diabetes melitus.

Supaya tips mengobati ISK ini tepat digunakan, maka kita sebaiknya mengenal lebih dulu gejala-gejala infeksi saluran kemih yang dirasakan seseorang ketika mereka mengalami ISK. Beberapa gejala-gejala yang berhubungan dengan infeksi jenis ini termasuk sering merasa ingin buang air kecil, air seni yang keluar cuma sedikit, rasa panas seperti terbakar ketika buang air kecil, perubahan warna pada urin, demam, mual, sakit perut dan muntah-muntah.

Cara Sederhana Mengobati Infeksi Saluran Kemih


Mungkin dokter sudah memberikan anda obat ISK, tetapi tips yang ada disini bersifat tambahan saja yang bisa diterapkan oleh anda dirumah tanpa bertentangan dengan obat-obatan yang diberikan oleh dokter.

Minum yang banyak
Sangat dianjurkan seseorang untuk minum air putih setidaknya sebanyak 250ml setiap jam di siang hari. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah urin yang diproduksi dalam tubuh. Tentunya akan mempercepat penyembuhan penyakit ISK karena setiap kali Anda buang air kecil, maka kandung kemih dan juga  saluran kencing lainnya akan dibersihkan. Minum banyak air tiap hari juga akan sangat membantu mengusir bakteri yang berbahaya.

Tapi perlu diingat, ketika Anda sudah merasa ingin membuang air kecil, maka segeralah dikeluarkan dan jangan ditahan. Apabila air seni ditahan, maka akan sia-sia saja usaha kita, karena bakteri didalam tubuh akan berkembiang biak dengan leluasa dan bahkan lebih giat lagi.

Hindari bahan iritan
Ketika kita berupaya dalam mengobati Infeksi saluran kemih, hal terpenting yang perlu kita lakukan ialah mengurangi asupan alkohol, kafein, panas rempah-rempah dan juga jeruk. Zat-zat ini diketahui bisa mengiritasi kandung kemih. Alkohol dan juga kafein secara khusus dilarang karena akan bisa menyebabkan dehidrasi.

Bahkan juga ketika kita tidak sedang terinfeksi bakteri infeksi saluran kemih, kita bisa mencegah infeksi dengan cara meminimalkan asupan alkohol dan juga kafein. Jadi selain mengobati, juga bisa mencegah.

Konsumsi nanas dan blueberry
Nanas mempunyai sifat anti-inflamasi dan sementara blueberry sendiri mempunyai sifat menghambat bakteri . Sifat-sifat baik seperti ini akan mempercepat proses penyembuhan. Anda bisa menyertakan buah ini kedalam makanan sehari-hari Anda.

Jus apel atau cuka apel
Minuman ini banyak mengandung zat kalium dan enzim serta mineral lainnya, yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih. Ini juga bisa digunakan sebagai obat antibiotik alami untuk pengobatan infeksi saluran kemih.

Terapkan kompres hangat
Sediakan botol air panas bersama dengan air panas di dalamnya dan kemudian letakkan di perut bagian bawah. Cara seperti ini akan meminimalkan tekanan pada kandung kemih serta mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh infeksi saluran kemih. Selain itu juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan juga mencegah penyebaran infeksi bakteri lebih lanjut.

Menggunakan baking soda
Minum campuran baking soda dan dengan air setidaknya sebanyak dua kali setiap hari. Larutan ini bersifat basa sehingga akan bisa menyeimbangkan keasaman urin dan juga bertindak sebagai pereda nyeri. Selain untuk mengobati infeksi saluran kemih, baking soda juga bisa mengusir batu ginjal yang disebabkan oleh asam urat.

Minum suplemen
Anda bisa melawan bakteri pada tahap awal dengan meningkatkan asupan suplemen kesehatan. Beberapa suplemen kesehatan termasuk goldenseal, vitamin C, cranberry, echinacea, dan juga jelatang.

Vitamin C akan mengasamkan urin, sehingga akan membuat bakteri tidak betah berada didalam saluran kemih. Vitamin ini juga akan bisa memperkuat kekebalan tubuh untuk melawan setiap infeksi.

Anda juga bisa mengkonsumsi 250ml teh goldenseal, teh jelatang dan juga teh achinacea beberapa kali setiap hari. Teh mempunyai manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, meredakan peradangan, dan juga tentu saja berguna dalam pengobatan infeksi saluran kemih.

Perbaikan biasanya terjadi selama 36 jam setelah menggunakan suplemen ini. Tapi jika tidak ada perbaikan, maka sebaiknya Anda harus mencari bantuan profesional medis supaya infeksi tidak berlanjut menjadi lebih parah.

Menjaga kebersihan pribadi
Menjaga kebersihan akan mempercepat proses penyembuhan infeksi. Wanita harus selalu membersihkan (cebok) dengan cara mengusap dari depan ke belakang setiap kali setelah buang air. Selalu biasakan untuk membuang air kecil setelah “berhubungan”. Mandilah dengan air mengalir, tidak dianjurkan untuk berendam. Hindari menggunakan produk wangi-wangi di sekitar area kewanitaan.

Kenakan pakaian yang tepat
Gunakanlah jenis pakaian yang berbahan katun karena bisa menjaga daerah genital untuk tetap kering. Hindarilah jenis atau model pakaian super ketat karena akan menyebabkan keringat dan kelembaban yang menguntungkan untuk pertumbuhan bakteri didalam tubuh.

Obat Infeksi Saluran Kemih


Pergi ke dokter
Meskipun sudah menerapkan cara mengobati penyakit infeksi saluran kemih diatas, anda harus tetap untuk memeriksakan diri ke dokter, meski penyakit yang anda alami masih ringan. Ini merupakan sebuah langkah kehati-hatian supaya infeksi tidak terjadi semakin parah atau juga semakin menyebar luas sampai ke ginjal. Dokter akan memberikan obat-obatan antibiotik yang penting dalam melawan bakteri-bakteri berbahaya tersebut.

Obat antibiotik untuk infeksi saluran kemih
Resep antibiotik akan bervariasi pada kaum pria dan juga wanita. Pria dianjurkan untuk minum antibiotik selama tujuh hingga empat belas hari dan sementara wanita dianjurkan minum obat antibiotik cukup selama 3 hingga 5 hari. Habiskanlah setiap obat antibiotik yang diberikan oleh dokter, atau sesuai petunjuk dokter supaya bakteri benar-benar musnah dan Anda pun bisa sembuh total tanpa kekambuhan.

Jika antibiotik oral tidak menunjukkan hasil yang memuaskan, maka jenis oat antibiotik (suntik) bisa diberikan. Pada kondisi seperti ini pasien perlu perawatan beberapa hari dirumah sakit.

Nah, itu saja informasi tentang Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih tersebut. Semoga dengan dibuatkannya informasi seputar infeksi saluran kemih, bisa memberikan tambahan pengetahuan terkait kesehatan semua orang khususnya kaum wanita. Terima kasih banyak...

Sumber : www.obatherballadyfem.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar