Rabu, 14 Maret 2018

14 Cara mudah Mengobati Kista Ovarium Secara Alami

Cara Ampuh Mengobati Kista Ovarium Tanpa, 14 Cara Mengobati Kista Ovarium Secara Alami dan Ampuh, Obat Kista Ovarium Alami, Ampuh Menyembuhkan Kista Ovarium

Cara Mengobati Kista Ovarium – Kista ovarium sendiri adalah suatu kantung yang isinya cairan dan berkembang dibagian dalam atau luar ovarium. Jenis kista ini bisa terjadi pada salah satu bagian ovarium atau bahkan berkembang pada kedua bagian ovarium. Semua kaum wanita bisa terkena penyakit kista ovarium dan ini merupakan proses yang sangat alami, sehingga tidak dianggap sebagai bagian dari penyakit reproduksi. Kista ovarium bisa juga terjadi selama massa menjelang menopause atau saat usia masih subur. Kista jenis ini biasanya jinak, tetapi beberapa bisa juga berkembang menjadi kanker. Bahkan beberapa penderita kista ovarium ini bisa mengalami kesulitan hamil, karena menjadi faktor penyebab kemandulan.

Baiklah simak beberapa tips cara mengobati kista ovarium ini.

1. Tindakan operasi (tindakan bedah)
Operasi sangat diperlukan untuk jenis kista ovarium yang ukurannya kurang lebih 5 hingga 10 cm dan diketahui bahwa penyakit kista tersebut tidak bisa hilang secara alami. Selain itu juga tindakan operasi diperlukan apabila diketahui dari pemeriksaan darah atau MRI yang ternyata kista berpotensi menjadi kanker. Ada dua jenis operasi yang seringkali dilakukan secara medis untuk menghilangkan kista tersebut, yaitu:
  • Laparoskopi adalah suatu prosedur bedah medis yang termasuk dalam kategori operasi minimal invasif atau minimal luka bedah. Operasi ini dilakukan dengan cara membuat luka kecil kurang lebih sekitar 0,5 hingga 1,5 cm untuk memasukkan alat laparoskop yang berbentuk seperti mikroskop kecil. Kemudian gas akan ditiupkan kebagian dalam panggul, sehingga dokter bedah pun bisa mencapai bagian ovarium. Setelah itu, kista akan diambil dan kemudian luka bekas potongannya akan dijahit. Tindakan operasi seperti ini sangat minimal rasa sakit dan biasanya akan membutuhkan waktu pemulihan yang lebih cepat.
  • Laparotomi adalah sebuah jenis tindakan bedah yang disarankan guna mengetahui jenis penyakit pada kista ovarium serta mengetahui penyebab kista yang berat tersebut. Biasanya dilakukan untuk kista yang ukurannya sudah besar dan kemungkinan juga telah menjadi kanker. Operasi dilakukan dengan membuat luka sayatan di dinding perut. Kemudian semua kista pun akan dihapus dan bagian dari kista akan diteliti apabila kemungkinan itu adalah jenis kanker tertentu. Operasi seperti ini jarang disarankan oleh dokter terkecuali untuk kasus kista yang berat, sebab membutuhkan waktu pemulihan yang jauh lebih lama.

Beberapa poin penting yang harus diwaspadai setelah operasi yakni:
  1. Munculnya pendarahan berat.
  2. Rasa sakit parah dibagian perut.
  3. Perut atau bekas operasi jadi bengkak.
  4. Tubuh menggigil atau demam tinggi.
  5. Keputihan berbau serta berwarna keruh.

2. Kompres dengan minyak jarak
Minyak jarak merupakan salah satu jenis minyak tradisional sebagai perawatan dan pengobatan kista. Tetapi obat ini sebaiknya tidak digunakan pada saat menstruasi atau juga menjalani program kehamilan. Efek dari obat minyak jarak ini bisa menyebabkan efek berat pada ovulasi serta gangguan menstruasi yang berat. Fungsi minyak jarak sendiri yaitu untuk membersihkan semua jaringan yang tak diperlukan seperti kista, merangsang peredaran darah serta membuat kista hancur dengan secara alami. Berikut inilah cara merawat kista dengan minyak jarak:
  • Berikan beberapa tetes saja minyak jarak pada handuk yang sudah anda lipat sesuai ukuran perut anda.
  • Kemudian tempatkan handuk dibagian perut, kemudian lapisi dengan handuk yang lebih tebal.
  • Tempatkan botol kompres di atas handuk, kemudian tutup dengan kain tebal.
  • Lakukan kompres ini selama 20-30 menit saja, kemudian bersihkan bagian perut dengan handuk yang kering.

3. Kompres dengan handuk hangat
Mengompres dengan handuk yang hangat atau botol kompres sangatlah baik sekali untuk merawat kista. Metode perawatan seperti ini bisa dilakukan pada saat perut atau dibagian panggul Anda terasa sakit. Tapi juga bisa dilakukan pada saat tidak ada rasa sakit. Berikut dibawah ini cara mudah untuk mengompres bagian kista yang sakit:
  • Celupkan handuk yang bersih pada air panas, kemudian diperas.
  • Tempatkan handuk dibagian perut atau dibawah panggul sambil berbaring.
  • Lakukan kompres selama kurang lebih 20 menit, sehingga perut pun menjadi lebih nyaman.
  • Lakukan sesering mungkin buat hasil yang lebih cepat.
  • Perawatan seperti ini sangatlah sesuai untuk penyakit kista yang masih kecil, dan kemungkinan besarnya bisa hilang dengan secara alami saat menstruasi.

4. Minum cuka sari apel
Cuka sari apel ini juga disarankan untuk mengobati penyakit kista dengan ukuran yang masih terbilang kecil. Cuka sari apel sendiri mengandung zat kalium yang sangat baik sekali untuk mengecilkan ukuran kista, kemudian bisa juga membuat kista larut. Cara seperti ini sangat alami dan tentunya sama sekali tidak menyebabkan efek samping berbahaya.

Berikut dibawah ini cara menyembuhkan penyakit kista dengan minum cuka sari apel:
  • Siapkan air hangat kedalam cangkir.
  • Tambahkan 1 sdt cuka sari apel pada air hangat tersebut.
  • Kemudian aduk-aduklah sampai semua cuka sari apel larut, setelah itu minumlah selagi masih hangat.
  • Jangan melakukan perawatan seperti ini pada saat menstruasi, sebab itu bisa menyebabkan pendarahan yang cukup berat, kram perut parah serta rasa sakit akibat siklus menstruasi yang berlebihan.

5. Minum jus buah bit
Buah bit adalah jenis buah-buahan alami yang berwarna merah menyegarkan. Meski rasa dari buah bit tersebut tidaklah terlalu enak, akan tetapi bisa dicampurkan dengan buah-buahan lain sehingga rasanya pun lebih lezat. Buah bit ini berwarna merah dan mengandung zat senyawa betasianin yang dapat membantu hati untuk membersihkan racun-racun dalam tubuh. Termasuk bagian dari kista ovarium didalam tubuh. Selain itu, buah bit bersifat asam yang dapat membantu mengecilkan ukuran kista serta melarutkan kista secara alami. Berikut dibawah ini cara perawatan kista ovarium dengan jus buah bit:
  • Pilih buah bit yang masih segar, kemudian hancurkan buah bit dengan mesin pembuat jus bersama dengan buah-buahan lain seperti strawberry, jambu merah dan wortel.
  • Jangan tambahkan gula untuk jus yang satu ini, sebab sudah mendapatkan gula yang alami dari buah jambu merah.
  • Minum jus buah bit setiap pagi pada saat perut masih keadaan kosong. Perawatan seperti ini dapat membantu menghilangkan penyakit kista ovarium dengan sangat cepat.

6. Mandi dengan garam Epsom
Garam epsom atau lebih dikenal dengan garam inggris ini bisa membantu menyembuhkan penyakit kista ovarium. Bahkan garam epsom ini juga bisa mengelola rasa sakit yang diakibatkan oleh kista ovarium. Garam epsom sendiri mengandung tingkat magnesium yang cukup tinggi sehingga dapat membuat otot dibagian panggul jadi lebih santai. Cara seperti ini bisa mengurangi rasa sakit akibat tekanan dari kista pada perut dan sekaligus juga mengecilkan ukuran kista.

Berikut dibawah ini cara-cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan kista ovarium dengan garam epsom:
  • Larutkan secangkir garam epsom didalam bak mandi yang berisikan air hangat.
  • Aduk sampai semua bagian garam tercampur dengan air.
  • Rendam bagian bawah tubuh selama 30 menit.
  • Ingat jangan melakukan perawatan seperti ini ketika menstruasi sebab bisa meningkatkan pendarahan yang berat dan rasa sakit yang berlebihan.
  • Untuk hasil yang lebih baik, maka lakukanlah setiap dua hari sekali.

7. Mengkonsumsi kacang almond setiap hari
Almond adalah jenis tumbuhan kacang super yang bisa membantu mengatasi berbagai jenis penyakit dan termasuk kista ovarium dan kacang termasuk makanan sehat untuk ibu hamil. Kacang almond ini mengandung magnesium yang cukup tinggi sehingga bisa mengatasi rasa sakit saat siklus menstruasi, mengecilkan ukuran kista dan juga menghilangkan kista secara alami. Anda bisa mengkonsumsi kacang almond dengan beberapa cara yakni makan beberapa butir almond setiap hari, minum susu almond tanpa tambahan gula atau juga menggunakan minyak almond untuk mengompres dibagian perut Anda.

8. Minum teh Chamomile
Teh Chamomile adalah suatu jenis teh yang kurang begitu populer di Indonesia. Tetapi Anda bisa mencoba mencari jenis teh ini untuk menyembuhkan penyakit kista secara alami. Pada dasarnya jenis teh chamomile ini mengandung efek yang sangat menenangkan dan juga mengurangi rasa sakit akibat kista ovarium. Bahkan meminum teh chamomile ini juga akan melancarkan siklus menstruasi yang tadinya tidak teratur. Efek kerja dari teh chamomile akan bekerja untuk merangsang darah dibagian panggul dan juga rahim sehingga tubuh Anda pun menjadi lebih nyaman. Berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan:
  • Larutkan teh Chamomile kedalam air panas sebanyak satu cangkir kecil saja.
  • Tambahkan madu, kemudian tutup selama kurang lebih 5 menit saja.
  • Aduk teh Chamomile, kemudian saring sampai menyisakan larutan teh yang bersih.
  • Minum saat selagi masih hangat.
  • Anda bisa minum teh Chamomile ini setiap hari untuk menghilangkan kista yang masih kecil.

9. Mengkonsumsi flazseed
Flaxseed ini adalah jenis biji dari tanaman bunga flax yang bentuknya seperti biji wijen. Flaxseed sendiri bekerja untuk membantu hormon estrogen dan juga progesteron didalam tubuh menjadi seimbang. Kemudian efek dari keseimbangan hormon diharapkan dapat mengurangi ukuran kista, lalu membuat kista larut dan juga sembuh. Selain itu, flaxseed juga mengandung serat yang cukup baik untuk membuang racun didalam tubuh, mengurangi kolesterol serta mengurangi resiko obesitas.  Cara untuk mengkonsumsi flaxseed yaitu dengan melarutkan flaxseed ke dalam air hangat. Kemudian minumlah sebelum makan pagi. Jika Anda pribadi kurang suka dengan tekstur dan rasa dari flaxseed, maka konsumsi flazseed dengan mencampurkan salad atau sup buah.

10. Minum air jahe
Jahe adalah sebuah bahan alami yang sangat baik sekali untuk membantu menghilangkan penyakit kista dan juga mengatasi kista tanpa menyebabkan efek samping berbahaya. Jahe sendiri mengandung senyawa antiinflamasi seperti gingerol. Efek gingerol sendiri adalah untuk mengurangi rasa sakit serta mencegah peradangan berlebihan didalam tubuh. Efek ini juga sangatlah baik sekali bekerja untuk kista dan bahkan juga bisa mengurangi rasa sakit akibat kista ketika menstruasi dan mengecilkan ukuran kista.

Berikut dibawah ini cara-cara untuk membuat air jahe yang bisa menyembuhkan penyakit kista:
  • Pilih jahe dan hancurkan beberapa ruas jahe yang sudah anda bersihkan.
  • Larutkan jahe menggunakan air panas dan campurkan dengan seledri atau buah apel.
  • Minum air jahe inii secara rutin tiap hari sebelum makan pagi guna menghilangkan kista.

11. Kendalikan paparan estrogen yang masuk kedalam tubuh
Ketika tubuh memiliki tingkat estrogen yang sangat tinggi, maka itu bisa menyebabkan ovulasi tidak teratur dan bisa meningkatkan ukuran kista jauh lebih besar. Bahkan terlalu tinggi tingkat estrogen didalam tubuh akan bisa meningkatkan peluang kista ovarium menjadi kanker. Estrogen yang tidak seimbang pun juga bisa menjadi faktor penyebab menstruasi tidak teratur. Ada berbagai macam cara untuk mengurangi estrogen secara alami, yaitu:
  • Hindarilah mengkonsumsi susu sapi yang terbuat dari bukan berbahan susu organik dan meningkatkan asupan susu dari jenis pengolahan susu secara organik. Anda bisa mencoba jenis susu kambing yang lebih sehat.
  • Hindarilah kebiasaan memasak atau juga memanaskan makanan menggunakan microwave. Terlebih lagi untuk media makanan yang berbahan plastik.
  • Kurangi mengkonsumsi berbagai jenis makanan dan juga minuman yang berbahan kedelai.
  • Kurangi kebiasaan konsumsi air mineral yang dikemas dengan bahan plastik.
  • Hindari juga berbagai kosmetik yang dibuat dengan campuran bahan-bahan kimia.

12. Tingkatkan progesteron & keseimbangan hormon secara alami
Tingginya tingat estrogen didalam tubuh juga bisa menyebabkan turunnya level progesteron didalam tubuh seseorang. Masalah ini bisa menyebabkan keseimbangan hormon didalam tubuh jadi terganggu dan bisa menyebabkan ukuran kista jauh lebih cepat besar. Pada dasarnya sih memang sulit untuk meningkatkan level progesteron, akan tetapi sebenarnya ada berbagai macam cara alami yang bisa dilakukan seseorang, seperti:
  • Mengkonsumsi makanan yang bisa menurunkan estrogen didalam tubuh agar lebih sehat.
  • Jangan membiarkan pikiran Anda jadi terganggu, jangan menerima tekanan berat dan juga stres berlebihan.
  • Hindari mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung lemak berlebihan.
  • Konsumsi makanan-makanan yang mengandung magnesium tinggi misalnya seperti bayam, ikan makarel, beras merah dan juga coklat hitam.
  • Mengkonsumsi minuman dan juga makanan yang mengandung vitamin C tinggi misalnya seperti paprika kuning, jeruk, pepaya, kale, bayam, dan juga kiwi.
  • Konsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin B6 tinggi misalnya seperti ikan tuna kaleng, daging kalkun, kurma, dan juga kacang pistachi.
  • Konsumsi makanan-makanan yang mengandung mineral, seng tinggi seperti tiram yang dimasak sampai matang, daging sapi tanpa lemak, gandum, dan juga kacang mete.
  • Mengkonsumsi makanan-makanan sehat untuk penderita kista dengan secara teratur.
  • Mengkonsumsi makanan untuk penyubur kandungan yang alami dan juga sehat.

13. Biasakan mengelola berat badan
Menjaga berat badan atau tubuh yang ideal bisa membantu tubuh menyembuhkan penyakit kista secara alami. Berat badan yang berlebihan biasanya akan menyebabkan masalah pada keseimbangan hormon estrogen dan juga progesteron yang mana bisa meningkatkan ukuran kista. Karena itulah menjaga berat badan pada titik yang ideal akan bisa mempercepat penyembuhkan kista tersebut. Ada beberapa cara-cara alami untuk mengelola berat badan, yaitu:
  • Melakukan olahraga dengan secara teratur misalnya seperti jalan kaki, berenang atau juga bersepeda.
  • Mengurangi konsumsi makanan-makanan yang berlemak.
  • Melakukan program diet dengan cara yang baik dan juga alami.

14. Kurangi atau hilangkan kebiasaan pola hidup yang buruk
Berbagai kebiasaan gaya atau pola hidup yang buruk bisa menyebabkan penyakit kista bertambah besar. Dan untuk menyembuhkan penyakit kista, maka anda pun harus mencoba melakukan sebuah gaya hidup yang jauh lebih sehat. Asupan makanan dan minuman serta kebiasaan yang buruk harus benar-benar dihentikan, dan anda mulailah untuk melakukan kebiasaan yang baik saja. Berikut dibawah ini kebiasaan-kebiasaan buruk yang harus dihentikan:
  • Jangan minum alkohol, sebab alkohol akan meningkatkan level estrogen dan bahkan kista lebih buruk lagi.
  • Kurangi mengkonsumsi makanan berbahan dari gandum yang mengandung ragi misalnya seperti roti, karena gandum ini bisa mengurangi keseimbangan hormon didalam tubuh.
  • Kurangi kebiasaan meminum minuman yang berkafein seperti soda, kopi, coklat dan juga teh hitam.
  • Kurangilah gula pemanis yang ditemukan pada permen, makanan ringan atau berbagai kue kering.
  • Kurangilah kebiasaan menggunakan berbagai tempat makan atau minuman dari plastik, karena plastik itu mengandung racun yang bisa masuk ke dalam makanan.
  • Kurangi stres, stres bisa menyebabkan penyakit kista jadi lebih buruk dan bahkan merusak keseimbangan hormon didalam tubuh.

Jadi menyembuhkan penyakit kista bisa dilakukan dengan secara medis maupun juga secara alami. Perawatan medis sendiri bisa dilakukan untuk kista yang berukuran besar atau jika kista menurunkan kesuburan. Sementara itu cara alami dianggap jauh lebih aman dan juga tidak menyebabkan efek samping berbahaya. Apapun keputusan tentang perawatannya, untuk menyembuhkan penyakit kista sebaiknya didahului dengan sebuah konsultasi dengan dokter.

Nah, itu saja informasi tentang Cara Mengobati Kista Ovarium tersebut. Terima kasih banyak dan semoga informasinya bermanfaat bagi masyarakat...

Sumber : www.obatherballadyfem.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar