Senin, 26 Maret 2018

Pengertian Tentang Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih - Gejala, penyebab dan mengobati, Infeksi saluran kemih - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, Makalah Infeksi Saluran Kemih (ISK) | ID Medis - Website Kesehatan

Penjelasan Tentang Infeksi Saluran Kemih - Infeksi saluran kemih atau ISK adalah sebuah kondisi ketika organ yang termasuk kedalam sistem kemih yakni ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra mengalami infeksi. Infeksi saluran kemih bisa terjadi kepada siapa saja. Namun, karena tubuh kaum wanita memiliki saluran uretra yang lebih pendek, maka kaum wanita jauh lebih rentan untuk mengalami infeksi saluran kemih.

Berawal dari ginjal, kotoran didalam darah di saring dan di keluarkan dalam bentuk air urine. Lalu, urine dialirkan dari ginjal melalui ureter menuju ke tempat penampungan yang mana disebut dengan kandung kemih. Setelah ditampung, urine kemudian dibuang dari tubuh melalui saluran pelepasan yang mana disebut dengan uretra.

Berdasarkan gejalanya, gejala infeksi saluran kemih bisa dibagi menjadi dua yakni ISK bagian bawah dan ISK bagian atas. ISK bagian bawah merupakan infeksi yang terjadi pada uretra dan kandung kemih (sistitis). Gejala dari kondisi seperti ini meliputi rasa ingin selalu buang air kecil, nyeri atau perih ketika buang air kecil, warna urine keruh, dan bau urine tidak sedap. Sedangkan untuk ISK bagian atas merupakan infeksi yang terjadi pada ureter dan juga ginjal. Gejala dari kondisi seperti ini meliputi nyeri dibagian selangkangan, mual dan juga demam.

Penyebab infeksi saluran kemih

Sebagian besar kasus dari ISK disebabkan oleh bakteri yang bernama Escherichia coli atau E.Coli yang umumnya hidup didalam saluran cerna. Diperkirakan bakteri jenis ini masuk kedalam saluran uretra seseorang pada saat kurang baik dalam melakukan pembersihan setelah buang air besar turut menyentuh organ kelaminnya, maka bakteri pun bisa masuk ke saluran kemih. Dalam kasus semacam ini kaum wanita lebih rentan untuk terkena ISK, sebab jarak uretra dengan anus pada tubuh mereka lebih dekat dan juga pintu uretra yang dekat dengan kandung kemih.

ISK bisa juga disebabkan oleh iritasi setelah berhubungan intim dan akibat terganggunya kinerja pengosongan urin oleh kondisi yang tertentu, misalnya pada sumbatan saluran kemih akibat batu ginjal.

Diagnosis infeksi saluran kemih

Selain memeriksakan riwayat kesehatan si pasien dan menanyakan gejala yang dirasakan, upaya mendiagnosis ISK juga bisa dilakukan dengan melalui beberapa tes untuk melihat adanya bakteri atau juga gangguan didalam organ-organ saluran kemih. Beberapa jenis tes tersebut itu diantaranya ialah tes urine dan darah, pemeriksaan dengan menggunakan CT scan, USG dan sistoskopi.

Pengobatan infeksi saluran kemih

Penyembuhan ISK bisa dilakukan dengan cara menggunakan obat-obatan antibiotik yang diresepkan oleh sang dokter. Selain antibiotik, obat pereda nyeri misalnya seperti parasetamol juga mungkin dibutuhkan untuk meredakan demam atau juga rasa sakit yang ada.

ISK yang tergolong ringan biasanya akan sembuh setelah beberapa hari dilakukan pengobatan. Akan tetapi jika tergolong cukup parah, maka penderita akan membutuhkan rawat inap beberapa hari di rumah sakit.

Komplikasi infeksi saluran kemih
Tanganilah secepatnya apabila anda mulai merasakan gejala-gejala infeksi saluran kemih. Jika ISK dibiarkan sampai berlarut-larut tanpa diobati, terutama jika anda sering mengalaminya, maka bukan tidak mungkin ISK bisa menimbulkan komplikasi yang tergolong serius, misalnya saja gangguan pada ginjal dan sepsis.

Demikian ulasan mengenai Penjelasan Tentang Infeksi Saluran Kemih tersebut. Nah, buat perempuan-perempuan yang sekiranya mendapati gejala-gejala yang disebutkan diatas, maka sebaiknya segera konsultasikan pada dokter agar bisa mengetahui apa yang terjadi dengan anda. Terima kasih banyak...

Sumber : www.obatherballadyfem.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar