Sabtu, 24 Maret 2018

Pengertian Tentang Clonidine

clonidine, apa itu clonidine, obat clonidine, Clonidine - informasi obat - Alodokter, Clonidine Obat Apa? Dosis, Fungsi, dll. • Hello Sehat, Clonidine - detikHealth

Penjelasan Tentang Clonidine - Clonidine adalah jenis obat untuk mengendalikan tekanan darah tinggi atau hipertensi yang bisa membebani pembuluh nadi dan juga jantung. Selain itu juga, clonidine ini bisa digunakan untuk menangani sensasi panas atau hot flush yang dirasakan ketika menopause dan mencegah sakit kepala vaskular dan juga migrain.

Clonidine ini bisa mengurangi efek berbagai zat kimia yang terdapat pada pembuluh darah serta membuat aliran darah dalam tubuh lebih lancar dengan cara mengendurkan pembuluh darah dalam tubuh.


  • Tentang Clonidine
  • Golongan : Obat antihipertensi
  • Kategori : Obat resep
  • Manfaat : Mengendalikan tekanan darah tinggi (hipertensi), menangani sensasi panas (hot flush) saat menopause, mencegah sakit kepala vaskular dan migrain
  • Dikonsumsi oleh : Dewasa usia diatas 18 tahun
  • Bentuk : Tablet


Pemakaian clonidine memerlukan resep dokter. Pastikan untuk terus mengikuti resep dan petunjuk yang disarankan oleh sang dokter yang berdasarkan kondisi kesehatan anda.

Peringatan:

  • Bagi wanita hamil dan wanita yang sedang berusaha memiliki anak, sebaiknya sesuaikan dengan anjuran dokter mengenai pemakaian clonidine.
  • Bagi ibu yang sedang menyusui tidak disarankan mengkonsumsi clonidine.
  • Harap berhati-hati bagi penderita jantung, gangguan ginjal, sindrom Raynaud, sirkulasi darah konstipasi, depresi, penyakit arteri perifer, gangguan pembuluh darah di otak dan gangguan saraf.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, maka segera temuai dokter.


Dosis Clonidine
Berikut dibawah ini adalah dosis umum dari clonidine harian yang disarankan:
Manfaat clonidine bisa mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi (dewasa) dengan dosis 0,2-0,6/hari, bisa menangani gejala sensasi panas akibat menopasue, mencegah sakit kepala vaskular dan migraine dengan dosis 0,05-0,075/hari.

Dosis akan disesuaikan oleh sang dokter dengan berdasarkan jenis, tingkat keparahan penyakit serta kondisi kesehatan si pasien secara menyeluruh.

Mengkonsumsi Clonidine dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan bacalah informasi yang tertera pada kemasan dari clonidine tersebut sebelum mulai menggunakannya. Clonidine bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Dan ingat! Jangan mengunyah atau menghancurkan clonidine, dan gunakanlah air putih untuk meminumnya. Bagi pasien yang mengkonsumsi clonidine untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi, hindari juga makanan yang terlalu mengandung banyak garam. Konsultasikan pada dokter sebelum mengubah program diet atau pola makan anda.

Bagi yang tidak sengaja melewatkan jadwal minum clonidine, disarankan mereka untuk segera meminumnya ketika teringat. Tapi jangan menggandakan dosis yang terlewat dengan menggandakan dosis clonidine yang diminum berikutnya. Jangan mengkonsumsi minuman yang beralkohol saat dalam pengaruh clonidine, sebab bisa meningkatkan efek samping.

Jangan mengemudi dan juga mengoperasikan peralatan mesin dikarenakan clonidine bisa mengurangi kemampuan dan respons tubuh. Jangan menghentikan mengkonsumsi clonidine secara tiba-tiba. Jika diperlukan, dokter akan mengurangi dosisnya secara perlahan-lahan. Pastikan untuk memeriksakan diri sendiri ke dokter secara teratur selama mengkonsumsi clonidine supaya dokter bisa memonitor perkembangan kondisi anda.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Clonidine
Pemakaian clonidine berpotensi menyebabkan efek samping. Tetapi seiring dengan penyesuaian tubuh, efek samping tersebut biasanya akan mereda. Berikut dibawah ini beberapa efek samping yang umum terjadi:

  • Pusing
  • Lemas
  • Konstipasi
  • Mulut terasa kering
  • Saat berdiri atau bangun dari posisi duduk, tekanan darah menurun drastis


Itu saja info mengenai Penjelasan Tentang Clonidine ini. Jika anda sudah menyimak artikel diatas ini, mungkin bermanfaat bagi anda dan juga bagi masyarakat lainnya yang sekiranya memiliki gejala-gejala atau masalah penyakit yang terkait diatas. Terima kasih banyak...

Sumber : www.obatherballadyfem.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar