Kamis, 22 Maret 2018

Pengertian Tentang Kanker Rahim

Kanker Rahim - Gejala, penyebab dan mengobati, Kanker Serviks - Gejala, penyebab dan mengobati, Kista Ovarium - Gejala, penyebab dan mengobati

Kanker Rahim - Kanker rahim adalah jenis penyakit kanker yang menyerang rahim atau juga sistem reproduksi wanita. Kanker jenis ini juga seringkali disebut dengan nama kanker endometrium, sebab umumnya kanker ini muncul dengan menyerang sel-sel yang membentuk dinding rahim atau juga istilah medisnya yaitu endometrium. Selain itu juga, kanker ini bisa menyerang otot-otot disekitar rahim, sehingga membentuk sarkoma uteri, tetapi sangat jarang terjadi.

Gejala kanker rahim yang umumnya dialami si penderita yaitu pendarahan pada vagina. Meski tidak semuanya pendarahan abnormal disebabkan oleh kanker rahim, namun anda tetap untuk waspada dan sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Terutama jika anda:



Penderita Kanker Rahim di Indonesia


Kanker rahim telah menduduki peringkat keenam dunia dalam daftar jenis kanker yang paling seringkali terjadi pada kaum wanita. Penyakit jenis ini diperkirakan sudah menyerang sekitar 320 ribu wanita ditahun 2012.

Di negeri Indonesia sendiri, penyakit kanker rahim ini tidak termasuk kedalam sepuluh besar jenis kanker yang menyerang kaum wanita. Namun demikian, data dari GLOBOCAN telah menunjukkan bahwa negeri Indonesia adalah negeri dengan jumlah penderita kanker rahim terbanyak keempat di wilayah ASIA, dengan jumlah penderita mencapai 46.849 jiwa selama periode tahun 1997-2002.

Faktor Pemicu Kanker Rahim

Faktor penyebab kanker rahim sendiri belum diketahui dengan secara pasti. Namun faktor utama yang bisa meningkatkan resiko kanker rahim ialah ketidakseimbangan hormon tubuh, yang terutama hormon estrogen. Kadar hormon estrogen yang sangat tinggi bisa meningkatkan resiko seseorang untuk terkena kanker rahim.

Beberapa faktor lain yang bisa menimbulkan hormon yang tidak seimbang yaitu:

  • Menstruasi dini atau menopause yang terlambat.
  • Diabetes
  • Obesitas.
  • Terapi penggantian hormon.
  • Penggunaan tamoksifen jangka panjang.


Karena penyebabnya belum diketahui, langkah pencegahan yang pasti untuk penyakit kanker rahim juga tidak ada. Meskipun demikian, langkah-langkah untuk mengurangi resikonya tetap ada, misalnya seperti:

  • Menjaga berat badan tetap sehat.
  • Perbanyak konsumsi kedelai.
  • Penggunaan jangka panjang untuk jenis kontrasepsi tertentu, misalnya seperti pil KB kombinasi.


Pengobatan Untuk Kanker Rahim

Pengobatan kanker rahim yang umum dilakukan yaitu histerektomi atau operasi pengangkatan rahim. Histerektomi bisa dilakukan untuk menyembuhkan kanker rahim stadium awal, tetapi membuat pasien tidak bisa mengandung atau hamil.

Kemoterapi dan radioterapi ini juga terkadang digunakan dan bahkan dikombinasikan dengan tindakan pembedahan. Selain itu juga, terapi hormon bisa dilakukan untuk pasien yang belum menopause dan masih ingin mempunyai anak.

Nah, itulah info tentang Kanker Rahim ini. Semoga bermanfaat dan pengunjung paham akan pembahasan dalam artikel kali ini yang telah kami bahas khusus untuk pengunjung setia. Terima kasih banyak kunjungannya...

Sumber : www.obatherballadyfem.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar