Minggu, 18 Maret 2018

Pengertian Tentang Miom

Miom - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter, Penyakit Miom dan Kista pada Wanita, Penyakit Miom dan Kista Serta Penyebabnya

Penjelasan Tentang Miom - Miom adalah suatu pertumbuhan sel tumor didalam atau disekitar uterus (rahim) yang tidak bersifat ganas atau kanker. Miom sendiri dikenal dengan nama mioma, leiomioma atau juga uteri fibroid. Miom ini berasal dari sel-sel otot rahim yang mulai tumbuh dengan secara abnormal. Pertumbuhan inilah yang akhirnya membentuk sebuah tumor jinak.

Sebagian kaum wanita pernah mempunyai masalah miom dalam hidup mereka. Akan tetapi terkadang kondisi ini tak diketahui oleh sebagian banyak kaum wanita yang mengalami, sebab tidak muncul gejala-gejala atau tanda apapun. Jika ada pun gejala yang mungkin muncul akibat miom ialah:


  • Masa siklus menstruasi menyakitkan atau berlebihan.
  • Rasa sakit atau rasa nyeri dibagian perut atau punggung bawah.
  • Rasa tidak nyaman atau bahkan sakit ketika berhubungan intim.
  • Sering buang air kecil.
  • Mengalami konstipasi.
  • Keguguran, mengalami masalah kemandulan atau juga bermasalah pada massa kehamilan (namun sangat jarang terjadi).


Ukuran miom sangat bervariasi, ada yang ukurannya sekecil biji dan bahkan juga ada ukurannya yang besar sekali hingga mengakibatkan rahim membesar. Dalam satu periode, penyakit miom terbagi seperti berikut dibawah ini:


  • Fibroid intramural. Miom jenis yang satu ini tumbuh diantara jaringan otot rahim. Lokasi ini adalah tempat yang paling umum terbentuknya penyakit miom.
  • Fibroid subserous. Miom yang tumbuhnya dibagian luar dinding rahim, ke rongga panggul. Jenis miom ini bisa tumbuh menjadi miom yang berukuran besar.
  • Fibroid submocous. Jenis miom yang ini tumbuh dilapisan otot dibagian dalam dari dinding rahim. Jika miom ini sampai tumbuh, maka jenis miom yang satu ini bisa menyebabkan pendarahan yang parah ketika menstruasi dan komplikasi serius lainnya.
  • Fibroid pedunculated. Miom jenis yang ini tumbuh dibatang kecil didalam atau diluar rahim.


Penyebab Munculnya Miom

Hingga sekarang penyebab kemunculan miom sendiri masih belum diketahui. Kemunculan kondisi ini dikaitkan dengan hormon estrogen atau yang disebut juga hormon reproduksi yang dihasilkan oleh ovarium. Biasanya penyakit miom muncul di usia sekitar 16-50 tahun, saat kadar estrogen didalam diri seorang wanita sedang tinggi-tingginya. Setelah mengalami massa menopause, miom akan menyusut dikarenakan penurunan kadar estrogen. Satu dari tiga wanita mempunyai masalah miom pada usia yang sama yakni antara usia 30-50 tahun. (Gejala Penyakit Miom)

Miom sendiri lebih sering muncul pada kaum wanita dengan berat badan yang berlebihan atau wanita yang mengalami obesitas. Dengan meningkatnya berat badan, hormon estrogen didalam tubuh juga akan meningkat. Selain itu juga, faktor keturunan berperan dalam kasus miom ini. Wanita dengan ibu atau saudara perempuannya yang pernah mendapatkan miom akan lebih cenderung memiliki miom.

Beberapa faktor lainnya yang bisa meningkatkan resiko munculnya miom yaitu menstruasi yang dimulai terlalu dini, atau banyak mengkonsumsi daging merah ketimbang sayur-sayuran dan juga buah-buahan, serta kebiasaan mengkonsumsi alkohol.

Resiko seorang wanita yang mengalami masalah miom akan menurun setelah melahirkan anak. Resiko itu akan semakin kecil jika mempunyai lebih banyak anak.

Diagnosis Miom
Miom ini terkadang didiagnosis secara tidak disengaja saat anda melakukan pemeriksaan ginekologi, melakukan tes atau juga pencitraan tertentu. Hal ini terjadi dikarenakan miom sering tidak menimbulkan gejala atau tanda apapun.

Jika anda mengalami beberapa gejala miom dan berlangsung cukup lama, maka segeralah cari tahu faktor penyebabnya. Biasanya dokter akan menyarankan pasien miom untuk menjalani pemindaian Ultrasonografi USG guna memastikan diagnosisnya atau mencari tahu faktor penyebab kemunculan gejala yang anda alami.

Pengobatan Miom
Miom yang tidak memunculkan gejala-gejala tertentu, biasanya tidak membutuhkan pengobatan khusus. Biasanya setelah massa menopause, miom jenis ini akan menyusut atau bahkan juga menghilang tanpa menjalani pengobatan.

Pengobatan akan dilakukan pada miom yang menimbulkan gejala. Pengobatan seperti ini berfungsi meringankan gejala yang muncul. Jika pengobatan yang dilakukan tidak mempunyai dampak yang efektif, pelaksanaan prosedur operasi perlu dilakukan.

Demikianlah informasi tentang Penjelasan Tentang Miom tersebut. Mudah-mudahan para pembaca setia bisa memahami penyakit miom yang sering diderita oleh kaum wanita. Terima kasih banyak kunjungannya...

Sumber : www.obatherballadyfem.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar